7 Model OSI Layer




1. Physical Layer
Merupakan layer yang paling sederhana, berkaitan dengan koneksi antar peralatan. Mentransmisikan Data Biner yang dikodekan melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver, dan konektor yang berkaitan dengah layer Physical.

Contoh Perangkat : Repeater, Hub, Multiplexer, TDR, Oscilloscope, Amplifier

2. Data-Link Layer
Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai framne. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras, dan menentukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer2 beroperasi.

Contoh Perangkat : Bridge, Switch, ISDN  Router, Intelligent Hub, NIC, Advanced Cable Tester
Contoh Protokol : PPP, SLIP, SBTV, PPTP, VLAN, LLC, MAC

3. Network Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

Contoh Perangkat : Router, ATM Switch, Frame Relay Device
Contoh Protokol : IP, IPSec, ICMP, IGMP, RIP, OSPF, ARP, IS-IS

4. Transport Layer
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (Acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.

Contoh Perangkat : Gateway, BRouter
Contoh Protokol : TCP, UDP, SCTP, DCCP, ARP, RARP, SPX, NetBIOS, NetBEUI

5. Session Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.

Contoh Perangkat : -
Contoh Protokol : Named Pipes, NetBIOS, SAP, Half-duplex, Full-duplex, Simplex, RPC, SOCKS

6. Presentation Layer
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

Contoh Perangkat : -
Contoh Protokol : MIME, SSL, TLS, XDR, TDI, ASCII, MPEG, MIDI, EBCDIC

7. Application Layer
Menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan. Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya. Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.

Contoh Perangkat : -
Contoh Protokol : NNTP, SIP, SSI, DNS, FTP, Gopher, HTTP, NFS, NTP, DHCP, SMPP, SMTP, SNMP, Telnet, RIP, BGP, POP3